Rabu, 11 September 2024

Pertamina Hulu Energi Diakui dengan Penghargaan "Best of the Best" di APQA 2024

Pertamina Hulu Energi Diakui dengan Penghargaan
Pertamina Hulu Energi Raih Penghargaan Bergengsi di APQA 2024

JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) meraih penghargaan "Best of the Best" dalam ajang Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2024. Penghargaan ini menjadi bukti nyata keunggulan PHE dalam inovasi dan perbaikan berkelanjutan. Dengan berbagai penghargaan tambahan yang diraih, PHE menunjukkan komitmen kuat terhadap excellence dan sustainability, sejalan dengan tema ajang "Innovate Endlessly For Excellence Sustainability." Ini menegaskan posisi PHE sebagai pemimpin dalam industri energi nasional. APQA 2024 diselenggarakan di Grha Pertamina pada Kamis (06/06). Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, bersama Wakil Direktur Utama, Wiko Migantoro, Direktur Sumber Daya Manusia, M. Erry Sugiharto, dan jajaran direksi serta manajemen Pertamina lainnya. Selain itu, hadir pula Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim, Direktur SDM & Penunjang Bisnis PHE, Whisnu Bahriansyah, beserta jajaran manajemen PHE dan beberapa Direksi dari Regional dan Anak Usaha Subholding Upstream Pertamina. Nicke Widyawati dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan APQA yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade dan melibatkan ribuan gugus yang memberikan dampak signifikan bagi perusahaan. Pada tahun ini, Subholding Upstream Pertamina meraih penghargaan tertinggi "Best of the Best", yang diterima langsung oleh Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim. Selain itu, PHE juga berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi lainnya, di antaranya:

  • The Best Value Creation Achievement (Peringkat 1)
  • The Best Category Achievement (Peringkat 1)
  • The Most Replicated Innovation (Peringkat 1)
  • The Best Business Performance Excellence (Peringkat 3)
  • The Best KOMET Influencer (Peringkat 1 untuk Regional 1 dan Peringkat 3 untuk Regional 2)
  • The Best System Assurance (Peringkat 2 untuk Regional 3)
  • Sustainability Excellence for Unit (Peringkat 1 untuk Regional 3 dan Peringkat 3 untuk Regional 4)
Pada APQA 2024, yang merupakan tahun penyelenggaraan ke-14, terdapat total 156 inovasi yang mendapatkan penghargaan. PHE juga meraih 29 kategori platinum, 25 kategori gold, 5 kategori silver, dan 1 kategori bronze. Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim, menyampaikan apresiasinya kepada para Perwira Subholding Upstream yang telah berkontribusi dengan inovasi yang dapat diadopsi oleh perusahaan. "Alhamdulillah, pelaksanaan APQA 2024 berjalan dengan lancar dan seluruh inovasi memberikan kontribusi signifikan. Inovasi merupakan salah satu pilar dari Quality Management yang telah menjadi budaya perusahaan. Selain itu, inovasi juga menjadi bagian dari proses bisnis harian untuk menghasilkan produk optimal dan mendukung operational excellence dalam mencapai target perusahaan," ujar Chalid. Lebih lanjut, Chalid menegaskan komitmen Subholding Upstream Pertamina untuk terus melaksanakan inovasi di berbagai fungsi guna menghasilkan value creation yang optimal tanpa mengorbankan safety dan operational excellence. "Kami akan terus berinovasi di berbagai fungsi untuk menghasilkan value creation seoptimal mungkin tanpa mengorbankan keselamatan dan keunggulan operasional," pungkas Chalid. PHE juga akan terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environmental, Social, Governance). Sejak Juni 2022, PHE telah terdaftar sebagai anggota United Nations Global Compact (UNGC) dan berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya. Mendukung aspek Governance, PHE juga berkomitmen pada Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan terhadap fraud dan menjaga perusahaan bebas dari penyuapan melalui implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang terstandar ISO 37001:2016. PHE terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial, dan berpegang pada tata kelola yang baik.

Redaksi

Redaksi

wartafinansial.com adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Inisiatif PLN Indonesia Power untuk Energi Hijau melalui Cofiring di PLTU Jeranjang

Inisiatif PLN Indonesia Power untuk Energi Hijau melalui Cofiring di PLTU Jeranjang

PLN Indonesia Power: Dampak Restorasi Terumbu Karang pada Ekosistem Laut

PLN Indonesia Power: Dampak Restorasi Terumbu Karang pada Ekosistem Laut

Dampak Restorasi Terumbu Karang oleh PLN Indonesia Power terhadap Kehidupan Laut

Dampak Restorasi Terumbu Karang oleh PLN Indonesia Power terhadap Kehidupan Laut

PERTAMINA Bahas Peran Strategis Transisi Energi dalam Membangun Ekonomi Indonesia di IISF 2024

PERTAMINA Bahas Peran Strategis Transisi Energi dalam Membangun Ekonomi Indonesia di IISF 2024

Hari Pelanggan Nasional: Beli Pertamax Pertamina dan Menangkan Hadiah Menarik!

Hari Pelanggan Nasional: Beli Pertamax Pertamina dan Menangkan Hadiah Menarik!