Sabtu, 12 Oktober 2024

Pertamina Group Ambil Inisiatif dalam Penyediaan SAF untuk Mendorong Inovasi di Sektor Penerbangan

Pertamina Group Ambil Inisiatif dalam Penyediaan SAF untuk Mendorong Inovasi di Sektor Penerbangan

Bali – PT Pertamina Group memperkuat komitmennya dalam transisi energi di sektor penerbangan dengan meluncurkan distribusi Sustainable Aviation Fuel (SAF). Dalam rangka Bali International Airshow 2024 yang diselenggarakan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Pertamina Group menyuplai SAF kepada maskapai nasional Citilink sebagai bagian dari kolaborasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarives) untuk mengikuti peta jalan SAF.

Inisiatif ini mencerminkan keseriusan Pertamina Group dalam menyediakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan bagi industri penerbangan, sejalan dengan upaya global untuk mengurangi emisi karbon dan mencapai target dekarbonisasi.

“Penyaluran SAF pertama di Bandara Ngurah Rai menunjukkan bahwa Indonesia siap untuk memenuhi tuntutan energi di sektor penerbangan internasional. SAF menjadi solusi jangka menengah untuk mengurangi jejak karbon tanpa perlu melakukan perubahan pada pesawat, infrastruktur bandara, atau rantai pasokan bahan bakar jet,” jelas Riva Siahaan, Direktur Utama PT Pertamina Group.

Baca Juga

19 Tahun PEPC Regional Indonesia Timur Mengabdi untuk Keberlanjutan Energi dan Kolaborasi yang Efektif

Pertamina SAF telah memenuhi berbagai standar internasional, termasuk sertifikasi dari International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) dan program Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA), serta Renewable Energy Directive-Eropa (RED-EU). Pertamina memastikan bahwa SAF ini aman digunakan, memenuhi standar yang ditetapkan oleh American Society of Testing and Materials (ASTM), dan terdaftar sebagai Corsia Eligible Fuel (CEF) oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

“Langkah ini menuju penerbangan yang lebih berkelanjutan dapat mengurangi emisi karbon dari bahan bakar fosil, karena Pertamina SAF terbuat dari bahan baku terbarukan, seperti Used Cooking Oil (UCO) atau minyak jelantah,” tambah Riva.

Dewa Rai, Direktur Utama PT Citilink Indonesia, juga menegaskan bahwa kemitraan dengan Pertamina Group adalah langkah strategis dalam mendukung pengurangan emisi karbon di sektor penerbangan, yang semakin penting untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Komitmen kami untuk mengurangi emisi karbon sepenuhnya didukung oleh Pertamina Group. Kami berharap, di masa depan, Pertamina Group akan terus memperluas penggunaan SAF guna mendorong keberlanjutan industri penerbangan, baik di dalam negeri maupun di tingkat global,” ungkap Dewa Rai.

Ia menambahkan bahwa pada tahap awal kerjasama ini, Citilink berhasil melakukan pengisian SAF sebanyak 30 KL selama empat hari pelaksanaan Bali International Airshow 2024. Pencapaian ini menjadi langkah awal dalam menunjukkan potensi SAF sebagai bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk masa depan penerbangan.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, dalam pernyataan terpisah menyampaikan bahwa setelah bermitra dengan maskapai internasional, Pertamina Group kini juga memasarkan SAF kepada maskapai domestik untuk meningkatkan adopsi SAF di tanah air.

“Setelah sebelumnya mendistribusikan SAF kepada Virgin Australia Airlines, kini kami bekerja sama dengan Citilink. Kami berharap SAF akan semakin diterima dan memberikan dampak positif dalam pengurangan emisi karbon di industri aviasi, baik di Indonesia maupun secara global,” tutup Fadjar.

Redaksi

Redaksi

wartafinansial.com adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Pertamina Grand Prix Indonesia 2024  MyPertamina Dorong UMKM Go Digital

Pertamina Grand Prix Indonesia 2024 MyPertamina Dorong UMKM Go Digital

UMKM Go Digital! MyPertamina Hadir di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

UMKM Go Digital! MyPertamina Hadir di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

MyPertamina Perkuat Ekosistem Digital UMKM di Pertamina Grand Prix Indonesia 2024

MyPertamina Perkuat Ekosistem Digital UMKM di Pertamina Grand Prix Indonesia 2024

Kolaborasi MyPertamina dan UMKM di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

Kolaborasi MyPertamina dan UMKM di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

Pertamina Grand Prix 2024  MyPertamina Bawa UMKM ke Era Digital

Pertamina Grand Prix 2024 MyPertamina Bawa UMKM ke Era Digital