Pertamina Perkuat Keterlibatan UMKM dengan Aplikasi MyPertamina di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

Senin, 07 Oktober 2024 | 16:24:35 WIB

Lombok – Pertamina memanfaatkan momen Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk memperkenalkan digitalisasi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya, termasuk UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur yang akan memasarkan produk mereka di acara tersebut. Puluhan UMKM ini akan menggunakan aplikasi MyPertamina untuk memudahkan proses transaksi selama acara.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menjelaskan bahwa produk UMKM yang dibina oleh Pertamina memiliki kualitas unik dan menarik. Di ajang internasional ini, produk makanan, minuman, dan kerajinan khas Indonesia akan banyak dicari oleh pengunjung dan wisatawan. "Dengan banyaknya konsumen, MyPertamina akan sangat membantu memperlancar dan mempercepat transaksi," ungkap Fadjar.

Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, menambahkan bahwa seluruh transaksi di area Pertamina Mandalika International Circuit harus dilakukan melalui MyPertamina. “Pemanfaatan MyPertamina akan memudahkan pencatatan penjualan dan pengelolaan stok secara otomatis bagi UMKM,” ujarnya.

Pengguna MyPertamina juga akan mendapatkan promo potongan 5 persen untuk setiap transaksi selama acara berlangsung, memberikan keuntungan lebih bagi pembeli dan UMKM yang terlibat.

Pada sosialisasi penggunaan MyPertamina di Rumah BUMN Lombok Timur pada Rabu (25/9), Agus Hartadi, pemilik usaha Loyok Kreatif, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif ini. “Teknologi sangat penting, terutama dalam acara internasional seperti ini,” katanya.

Loyok Kreatif, yang mengolah bambu menjadi kerajinan, merupakan warisan budaya yang telah ada di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Agus kini berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi lokal dengan menjadikan produk anyaman bambu sebagai komoditas berdaya saing di pasar global.

Senada, Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, juga merasakan dampak positif dari digitalisasi. “MyPertamina sangat membantu dalam pencatatan transaksi dan memudahkan perkembangan usaha kami,” tuturnya.

Pertamina berharap bahwa kehadiran MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal dan memperkenalkan produk mereka ke pasar global. Untuk menikmati kemudahan bertransaksi dan promo menarik, masyarakat bisa mengunduh aplikasi MyPertamina di Play Store atau App Store.

Sebagai pelopor dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung pencapaian Net Zero Emission 2060 melalui program-program yang berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs). Semua upaya tersebut sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh operasional Pertamina.

Terkini