Kilang Pertamina Internasional Sabet 8 Penghargaan Keselamatan Migas

Rabu, 09 Oktober 2024 | 13:39:49 WIB

Jakarta – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) berhasil meraih 8 penghargaan dalam ajang Penghargaan Keselamatan Migas 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Penghargaan prestisius ini diserahkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Bahlil Lahadalia, kepada KPI Group yang diakui atas kontribusinya dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan andal di sektor energi pada tanggal 7 Oktober.

Kilang Plaju dari KPI berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi yaitu “Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha VII”. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan keselamatan kerja tanpa mengalami kecelakaan besar selama periode tertentu. Kilang Plaju mencatatkan 132.296.052 jam kerja aman tanpa kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan properti lebih dari 100.000 USD dalam dua tahun terakhir.

Selain itu, Kilang Plaju juga meraih penghargaan “Patra Karya Raksa”, yang mengakui prestasi dalam Pembinaan Keselamatan Kerja. Ini menunjukkan komitmen KPI dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman melalui program pelatihan yang bertujuan untuk meminimalisasi dan mengelola risiko kecelakaan di tempat kerja.

"Kami bersyukur bahwa KPI Group melalui unit operasi dan anak usahanya kembali meraih Penghargaan Keselamatan Migas 2024. Total ada 9 penghargaan yang diraih melalui unit kilang dan anak usaha KPI. Ini menunjukkan bahwa aspek keselamatan diterapkan secara menyeluruh dan merupakan bagian integral dari operasional KPI yang andal," kata Corporate Secretary KPI, Hermansyah Y Nasroen.

Selain Kilang Plaju, penghargaan di kategori Patra Nirbhaya Karya juga diraih oleh Kilang Cilacap, Kilang Balongan, Kilang Kasim, Proyek R&P Project Infrastructure, Proyek Balongan, Proyek Cilacap, serta anak usaha KPI, PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia (PRPP).

Penghargaan Keselamatan Migas bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja keselamatan di sektor minyak dan gas bumi. Apresiasi ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan di sektor energi yang menunjukkan kinerja HSSE yang optimal.

Terkini