Kilang Pertamina Internasional Memborong 8 Penghargaan Keselamatan Migas 2024

Rabu, 09 Oktober 2024 | 15:46:48 WIB

Jakarta, 9 Oktober 2024 – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) berhasil meraih delapan penghargaan dalam Penghargaan Keselamatan Migas 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Penghargaan prestisius ini diserahkan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Bahlil Lahadalia, kepada KPI Group, yang diakui atas kontribusinya dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan handal di sektor energi pada tanggal 7 Oktober.

Kilang Plaju milik KPI berhasil meraih penghargaan tertinggi, “Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha VII”. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah menunjukkan keberhasilan dalam menerapkan keselamatan kerja tanpa mengalami kecelakaan besar. Dalam dua tahun, KPI Plaju mencatat 132.296.052 jam kerja aman, tanpa kerugian properti melebihi 100.000 USD.

Selain itu, Kilang Plaju juga mendapatkan anugerah “Patra Karya Raksa”, yang mencerminkan prestasi dalam Pembinaan Keselamatan Kerja. Ini menunjukkan komitmen KPI dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman melalui program pelatihan yang bertujuan mengurangi dan mengelola risiko kecelakaan.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang diraih oleh KPI Group melalui unit operasi dan anak usaha. Total ada sembilan penghargaan yang kami peroleh, menunjukkan bahwa aspek keselamatan menjadi fokus utama dalam seluruh kegiatan operasional kami,” kata Corporate Secretary KPI, Hermansyah Y Nasroen.

Selain Kilang Plaju, penghargaan di Kategori Patra Nirbhaya Karya juga diraih oleh Kilang Cilacap, Kilang Balongan, Kilang Kasim, serta berbagai proyek seperti R&P Project Infrastructure, Proyek Balongan, Proyek Cilacap, dan anak usaha KPI, PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia (PRPP).

Penghargaan Keselamatan Migas bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja keselamatan di sektor minyak dan gas bumi. Apresiasi ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan di industri energi dengan kinerja HSSE yang optimal.

Proses seleksi penghargaan dilakukan melalui prosedur ketat yang mengacu pada Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 130.K/MG.01/MEM.M/2024 mengenai pedoman pemberian penghargaan keselamatan migas.

Ajang penghargaan ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Kategori Tanpa Kehilangan Jam Kerja Akibat Kecelakaan (Patra Nirbhaya Karya), Kategori Pembinaan Keselamatan Kerja (Patra Karya Raksa), dan Kategori Perusahaan Penunjang serta Individu dalam Upaya Peningkatan Kinerja Keselamatan Migas (Patra Prakarsa).

Terkini