Pertamina: Pemberdayaan UMKM Melalui Digitalisasi di Pertamina Grand Prix Indonesia 2024

Minggu, 29 September 2024 | 16:59:25 WIB

Lombok - Pertamina memanfaatkan momen Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk mendorong digitalisasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya, termasuk UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur, yang akan memasarkan produk mereka selama acara. Puluhan UMKM ini akan menggunakan aplikasi MyPertamina untuk mempermudah transaksi.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menyatakan bahwa UMKM binaan Pertamina memiliki produk yang unik dan berkualitas. Pada acara internasional ini, produk UMKM yang biasanya terdiri dari makanan, minuman, dan kerajinan khas Indonesia sangat diminati oleh masyarakat dan wisatawan. "Dengan banyaknya konsumen, penggunaan MyPertamina akan memudahkan dan mempercepat proses transaksi," jelas Fadjar.

Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, menambahkan bahwa semua transaksi di kawasan Pertamina Mandalika International Circuit harus menggunakan MyPertamina. “Penggunaan MyPertamina akan mempermudah pencatatan penjualan dan pengelolaan stok UMKM secara otomatis,” tuturnya.

Pengguna aplikasi MyPertamina juga akan mendapatkan diskon 5 persen untuk setiap transaksi selama acara. “Ini merupakan keuntungan tambahan bagi pembeli dan UMKM yang terlibat,” tambah Heppy.

Dalam sosialisasi penggunaan MyPertamina yang diadakan di Rumah BUMN Lombok Timur pada Rabu (25/9), Agus Hartadi, pemilik Loyok Kreatif, menyambut positif inisiatif ini. “Peran teknologi sangat penting, terutama dalam acara internasional seperti ini,” katanya.

Loyok Kreatif adalah usaha kerajinan berbahan bambu yang telah menjadi warisan leluhur di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Agus kini berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi lokal dengan menjadikan anyaman bambu sebagai produk yang bersaing di pasar global.

Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, juga merasakan manfaat dari digitalisasi. “MyPertamina sangat membantu dalam pencatatan transaksi dan memudahkan perkembangan usaha kami,” ungkapnya.

Pertamina berharap kehadiran MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal dan memperkenalkan produk mereka ke pasar global. Untuk menikmati kemudahan bertransaksi dan penawaran menarik, masyarakat dapat dengan mudah mengunduh aplikasi MyPertamina di Play Store atau App Store.

Sebagai perusahaan terdepan dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dan terus mendorong program-program yang berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua upaya ini selaras dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh operasi Pertamina.

Terkini