Pertamina UMK Academy: Program Pemberdayaan Berkelanjutan Inovatif yang Menerima Apresiasi Marketeers 2024

Selasa, 17 September 2024 | 20:10:20 WIB

Jakarta - PT Pertamina (Persero) baru saja menerima penghargaan Marketeers Editor’s Choice untuk program Pertamina New UMK Academy 2024 dalam kategori SME Enabler Program of The Year. Program ini merupakan perkembangan dari UMK Academy yang telah dijalankan oleh Pertamina selama lima tahun terakhir.

Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) merupakan ajang penghargaan yang memberikan pengakuan kepada merek-merek yang telah membuat terobosan kreatif dan inovatif dalam dunia pemasaran sepanjang tahun lalu. Dewan Editor Marketeers menilai Pertamina UMK Academy 2024, yang hadir dengan format baru, sebagai program yang efektif dalam membantu pelaku UMK menyesuaikan diri dengan kemajuan pemasaran.

Pelatihan yang disediakan dalam program ini mendorong UMK untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital, dengan pendekatan gamifikasi. UMK Academy juga merupakan program berkelanjutan yang memiliki cakupan peserta yang luas dan memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat.

Iwan Setiawan, CEO Marketeers dan MarkPlus Inc, mengapresiasi langkah Pertamina sebagai usaha serius dalam mempersiapkan UMK untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif dan menantang. “Inovasi dan inspirasi adalah dua elemen utama yang membuat brand story ini layak untuk disebarluaskan,” ujarnya.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengungkapkan rasa terima kasih atas penghargaan yang diterima. Menurutnya, penghargaan ini menunjukkan bahwa Pertamina, sebagai perusahaan energi nasional, tidak hanya fokus pada sektor energi, tetapi juga aktif dalam memberdayakan UMK, yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia.

Program yang mengusung tagline “Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju” di tahun 2024 bertujuan untuk mendorong UMK menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam produksi dan pemasaran, sehingga mereka dapat berkembang lebih cepat dan merambah pasar internasional.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan ini. Penghargaan ini akan memotivasi kami untuk terus berkontribusi dalam menciptakan UMK yang kuat, berkualitas, inovatif, dan mandiri,” ujar Fadjar.

Pertamina UMK Academy adalah program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan di berbagai wilayah Indonesia. Program ini mengintegrasikan kurikulum seperti Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, serta menerapkan prinsip Go Green dalam setiap tahapannya.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, antusiasme terhadap program ini terus meningkat. Tahun ini, lebih dari 8.500 UMK mendaftar, dan 1.686 di antaranya terpilih sebagai peserta. Pertamina terus berinovasi untuk meningkatkan nilai dan manfaat yang diperoleh UMK dari program ini.

"Dengan dukungan intensif, diharapkan para peserta UMK Academy akan sukses dalam meningkatkan jumlah karyawan, kapasitas produksi, omzet, keterlibatan masyarakat, serta mendapatkan sertifikasi nasional dan internasional dan menembus pasar global," harapnya.

Selain itu, Pertamina juga meluncurkan program lanjutan, Pertapreneur Aggregator, yang menghubungkan UMKM binaan dengan UMKM lainnya untuk membangun jaringan kolaborasi di antara mereka.

Sebagai pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung pencapaian target Net Zero Emission 2060 dan berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs), sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh operasional dan bisnisnya.

Terkini