Pertamina Hulu Energi Inisiasi Program Voluntary Negeri 7.0 untuk Dunia Pendidikan

Rabu, 04 September 2024 | 14:19:42 WIB

Jakarta – PT Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina, terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan aspek sosial, ekonomi, dan pendidikan bagi masyarakat sekitar. Kali ini, PHE terlibat langsung dalam proses pendidikan untuk siswa Sekolah Dasar (SD).

Bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Pagi Kebagusan, Jakarta Selatan, PHE berkolaborasi dengan Komunitas Bergerak untuk menyelenggarakan program voluntary "Pertamina Energi Negeri (PEN) 7.0" pada Senin, 26 Agustus 2024. Acara ini diadakan untuk merayakan Hari Anak Nasional dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Inisiatif ini diprakarsai oleh tim Pertamina Peduli dan didukung oleh Pertiwi (Organisasi Perempuan Pertamina), Pertamina Troopers, Pertamina Employee Journalism, serta Agent of Change (AoC) Pertamina.

Tema PEN 7.0 kali ini adalah ARUTALA, sebuah kata dari bahasa Sansekerta yang berarti "Cita-cita Tinggi dan Mulia". Tema ini bertujuan memberikan semangat, inspirasi, dan wawasan kepada anak-anak untuk membangun mimpi mereka sambil menjaga ekosistem dan melestarikan lingkungan demi masa depan yang gemilang dan kemajuan Indonesia.

Dalam acara PEN 7.0, Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim, turut hadir dan langsung mengajar di SDN 03 Pagi Kebagusan. Siswa-siswa yang beruntung mendapatkan kesempatan belajar langsung dari Chalid yang membagikan pengalaman dan memberikan motivasi kepada mereka. "Saya harap kalian tetap semangat meraih cita-cita, terus belajar dengan bimbingan guru, dan selalu menghormati serta meminta doa kepada orang tua," pesan Chalid kepada para siswa.

Corporate Secretary PHE, Arya Dwi Paramita, juga memberikan penjelasan tentang tata nilai akhlak (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang diterapkan di Kementerian BUMN, termasuk Pertamina. Diharapkan nilai-nilai tersebut dapat diterapkan oleh siswa sejak dini untuk membentuk generasi yang kuat dan tangguh.

Kepala Sekolah SDN 03 Pagi Kebagusan, Saadiatul Munawwaroh, menyatakan apresiasinya terhadap program PEN 7.0. "Kami sangat menghargai dan berterima kasih atas partisipasi PHE yang secara sukarela terlibat dalam kegiatan edukasi di sekolah kami. Kami berharap inisiatif ini memberikan dampak positif bagi para siswa kami," ungkapnya.

Program ini juga dilaksanakan secara serentak di 79 Sekolah Dasar di seluruh Indonesia, melibatkan pekerja Pertamina Group sebagai relawan dengan berbagai peran, termasuk fasilitator, pengajar, dan dokumentator. Hal ini menunjukkan keterlibatan nyata perusahaan dalam mendukung dan memajukan dunia pendidikan.

PHE berkomitmen untuk menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan sesuai tren investasi dan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), serta memprioritaskan keselamatan. PHE mengikuti Sepuluh Prinsip Universal dari United Nations Global Compact (UNGC) dalam strategi dan operasionalnya, dan telah terdaftar sebagai anggota UNGC sejak Juni 2022.

Untuk aspek Governance, PHE berkomitmen pada Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan penyuapan melalui Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang terstandarisasi ISO 37001:2016. PHE terus mengembangkan operasi yang prudent dan excellent baik di dalam maupun luar negeri untuk mencapai status sebagai perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia dengan predikat ramah lingkungan, bertanggung jawab sosial, dan tata kelola yang baik.

Terkini