Subholding Upstream BUMN dan Penghargaan Internasional: Teknologi dan Inovasi di Bidang Migas

Selasa, 09 Juli 2024 | 10:56:19 WIB

PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Subholding Upstream Pertamina, kembali mengukir prestasi di kancah internasional melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh para pekerjanya, yang disebut Perwira. Empat karya inovasi PHE berhasil meraih penghargaan dalam ajang bergengsi 17th International Invention and Innovation Show (INTARG) 2024 yang diadakan di Katowice, Polandia.

INTARG 2024, yang diikuti oleh lebih dari 267 peserta dari 21 negara, merupakan platform terkemuka untuk memamerkan inovasi teknologi dan mendorong transformasi industri. PHE mengirimkan empat delegasi dari Continuous Improvement Program (CIP) Subholding Upstream yang berhasil meraih medali emas dan platinum, serta penghargaan khusus dari berbagai lembaga internasional.

Inovasi-inovasi yang mendapatkan penghargaan tersebut antara lain:

  1. FT-PROVE MOTION (PT Pertamina Hulu Rokan), sebuah solusi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan pengeboran dengan menggunakan gerakan (Mousetrap Revolution) di lapangan Pendopo. Inovasi ini meraih GOLD MEDAL dan Korea Invention Promotion Association (KIPA) Special Award.
  2. PC-PROVE GEMPI (PT Pertamina Hulu Indonesia), sebuah metode untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dari sumur yang tidak aktif dengan menggunakan GEMPI (Green Environmental Oil Pump Installation) di wilayah kerja Pertamina Hulu Indonesia - Regional 3, Zone 10, Tarakan Field. Inovasi ini meraih GOLD MEDAL dan International Federation of Inventors' Associations (IFIA) Special Award.
  3. PC-PROVE SULPHUR PAVING (PT Pertamina EP Cepu), sebuah inovasi yang memanfaatkan limbah sulfur menjadi blok paving ramah lingkungan untuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di PT Pertamina EP. Inovasi ini meraih PLATINUM MEDAL dan The Best Foreign Innovation Award.
  4. PC-PROVE MOVE ON (PT Pertamina Internasional EP), sebuah modifikasi dehidrasi molecular sieve yang berhasil meningkatkan pendapatan sebesar 241 juta USD per tahun di Regional 5 - Subholding Upstream. Inovasi ini meraih GOLD MEDAL dan Special Award National Research Council of Thailand (NRCT).
Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE, Whisnu Bahriansyah, menyampaikan apresiasinya kepada para Perwira yang telah berinovasi dan mengharumkan nama perusahaan serta bangsa di tingkat internasional. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh manajemen yang telah mendukung dan mengarahkan para Perwira dalam menghasilkan inovasi-inovasi tersebut.

Prestasi ini tidak hanya menunjukkan kemampuan inovasi PHE, tetapi juga komitmen perusahaan terhadap prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance). PHE akan terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas yang prudent dan excellent, serta mengembangkan inovasi di berbagai bidang untuk mewujudkan visinya menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang ramah lingkungan, bertanggung jawab sosial, dan memiliki tata kelola yang baik

Terkini