Anak Usaha Pertamina Anggota Subholding Upstream Berhasil Meraih Penghargaan Internasional dengan Inovasi Pioneering

Rabu, 29 Mei 2024 | 09:32:02 WIB

JAKARTA - Prestasi gemilang terus diraih oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE), anak perusahaan Pertamina anggota subholding upstream, melalui pencapaian inovatif para perwiranya. Keberhasilan ini tak hanya mendapat perhatian, namun juga penghargaan internasional. Sebanyak empat karya inovatif dari PHE berhasil meraih penghargaan dalam ajang bergengsi, 17th International Invention and Innovation Show INTARG 2024 di Katowice, Polandia pada 21-23 Mei 2024.

Acara INTARG 2024, yang diikuti oleh lebih dari 267 peserta dari 21 negara, diselenggarakan oleh Eurobusiness-Haller dengan tujuan memamerkan teknologi inovatif, membuka peluang bisnis internasional, dan mendorong transformasi industri. Dalam kesempatan tersebut, PHE, sebagai anak perusahaan Pertamina anggota subholding upstream, berhasil meraih pengakuan internasional melalui 4 (empat) Delegasi Continuous Improvement Program (CIP) yang berhasil memenangkan penghargaan yang berprestasi.

Di antara pencapaian tersebut adalah:

  1. FT-PROVE MOTION (PT Pertamina Hulu Rokan) dengan inovasinya yang berjudul "Increase The Effectiveness and Efficiency Of Well Services Caused by Parted Sucker Rod by Using Motion (Mousetrap Revolution) in Pendopo Field" meraih GOLD MEDAL dan Korea Invention Promotion Association, KIPA Special Award.
  2. PC-PROVE GEMPI (PT Pertamina Hulu Indonesia) dengan inovasinya yang berjudul "Increasing Company Revenue from Producing Inactive Wells Using the GEMPI (Green Environmental Oil Pump Installation) at Pertamina Hulu Indonesia - Regional 3, Zone 10, Tarakan Field" meraih GOLD MEDAL dan International Federation of Inventors' Associations, IFIA Special Award.
  3. PC-PROVE SULPHUR PAVING (PT Pertamina EP Cepu) dengan inovasinya yang berjudul "Utilization Of Sulfur Waste Into Eco Sulfur Paving Blocks For Corporate Social Responsibility (CSR) Activities at PT. Pertamina EP" meraih PLATINUM MEDAL dan The Best Foreign Innovation Award.
  4. PC-PROVE MOVE ON (PT Pertamina Internasional EP) dengan inovasinya yang berjudul "Increasing Revenue by 241 million USD annually with Molecular Sieve Dehydration Modification at Regional 5 - Subholding Upstream" meraih GOLD MEDAL dan Special Award National Research Council of Thailand (NRCT).
Whisnu Bahriansyah, Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE, menyampaikan apresiasi kepada para perwira Pertamina yang telah berkontribusi dalam meraih penghargaan ini, yang tidak hanya membanggakan perusahaan tetapi juga mengharumkan nama bangsa dan negara melalui inovasi dalam CIP.

“Terima kasih juga kepada seluruh Manajemen Subholding Upstream, Regional, dan Anak Perusahaan/Services yang selalu memberikan dukungan kepada para perwira sehingga Delegasi CIP Subholding Upstream dapat menunjukkan prestasi dan memperkuat citra Pertamina di tingkat internasional melalui inovasi yang luar biasa ini,” ujar Whisnu.

PHE akan terus menginvestasikan sumber daya dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai dengan prinsip ESG. Sebagai anggota United Nations Global Compact ("UNGC") sejak Juni 2022, PHE berkomitmen untuk menerapkan Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian dari upaya penerapan aspek ESG. Salah satu aspek penting adalah penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah memenuhi standar ISO 37001:2016 untuk menegakkan Zero Tolerance on Bribery. PHE juga terus berupaya mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri untuk mencapai visi menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial, dan memiliki tata kelola yang baik.

Terkini