IPASS PIEP: Solusi Canggih untuk Meningkatkan Efisiensi Manajemen Proyek

Senin, 13 Mei 2024 | 19:01:59 WIB

JAKARTA - PT Pertamina Internasional EP (PIEP) sebagai Regional Internasional telah berhasil merancang Integrated Project Activities & Surveillance System (IPASS), sebuah sistem informasi mutakhir yang bertujuan untuk memantau, mengontrol, dan mengevaluasi proyek-proyek secara efektif dan efisien.

Direktur Utama PIEP, Jaffee A. Suardin, mengapresiasi kerja optimal tim dalam menciptakan inovasi ini. Ia menjelaskan bahwa IPASS merupakan adaptasi dari sistem yang digunakan oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR), yang kemudian dikembangkan sesuai dengan kebutuhan PIEP. Dengan kemampuan deteksi dini IPASS terhadap indikator kinerja proyek, manajemen dapat mengambil keputusan secara cepat berdasarkan informasi yang terukur.

Melalui dashboard IPASS Project Pipeline dan Critical Project Monitoring, para pimpinan dapat memantau dan mengevaluasi proyek-proyek prioritas secara terpusat selama fase pelaksanaan, sejalan dengan tujuan utama perusahaan yaitu OTOBOSOR (on time - on budget - on specification - on return).

Manager Projects, Sudianto Lumban Tobing, menjelaskan bahwa pengembangan sistem ini memakan waktu sekitar 5 bulan. IPASS memiliki beberapa tahapan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penutupan proyek. Tahap awal adalah perencanaan yang mencakup timeline proyek, anggaran, dan manfaat yang diharapkan.

Selanjutnya, tahap pelaksanaan proyek bertujuan untuk memantau seluruh tahapan proyek serta memastikan ketaatan terhadap timeline dan anggaran yang telah direncanakan.

Tahap terakhir adalah penutupan proyek yang bertujuan untuk memastikan penutupan Final Investment Decision (FID) proyek dapat dilakukan setelah seluruh tahapan proyek selesai baik secara fisik maupun finansial.

PIEP berharap sistem IPASS ini dapat diimplementasikan secara berkelanjutan dan menyeluruh di seluruh perusahaan. Saat ini, PIEP sedang mengawasi 71 proyek utama bernilai lebih dari $1,5 miliar. Untuk memastikan pelaksanaan Portofolio Proyek yang lancar, perusahaan telah memprioritaskan pengembangan sistem manajemen proyek yang terintegrasi, terukur, dan transparan.

Terkini