PIEP Sukses Mengembangkan Sistem IPASS: Inovasi Terkini dalam Pengelolaan Proyek

Sabtu, 11 Mei 2024 | 19:01:26 WIB

JAKARTA - PT Pertamina Internasional EP (PIEP) telah berhasil merancang Integrated Project Activities & Surveillance System (IPASS), sebuah platform informasi canggih yang bertujuan untuk memantau, mengontrol, dan mengevaluasi proyek-proyek secara menyeluruh. Direktur Utama PIEP, Jaffee A. Suardin, mengungkapkan apresiasinya terhadap tim yang telah berkontribusi dalam inovasi ini. IPASS, yang merupakan adaptasi dari sistem yang digunakan oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR), telah disempurnakan sesuai dengan kebutuhan PIEP. Dengan kemampuan deteksi dini IPASS terhadap indikator kinerja proyek, manajemen dapat mengambil keputusan secara tepat waktu berdasarkan data yang terukur.

Melalui dashboard IPASS Project Pipeline dan Critical Project Monitoring, para pimpinan dapat memonitor dan mengevaluasi proyek-proyek prioritas secara terpusat selama berbagai fase pelaksanaan, sejalan dengan prinsip OTOBOSOR (on time - on budget - on specification - on return).

Sudianto Lumban Tobing, Manager Projects, menjelaskan bahwa pengembangan IPASS memakan waktu sekitar 5 bulan. Sistem ini melalui beberapa tahap mulai dari perencanaan hingga penutupan proyek. Tahap perencanaan menjadi titik awal dalam menetapkan timeline, anggaran, dan manfaat yang diharapkan dari proyek. Tahap pelaksanaan bertujuan untuk memantau proyek secara menyeluruh serta memastikan kepatuhan terhadap timeline dan anggaran yang telah ditetapkan. Sementara tahap penutupan proyek bertujuan untuk menjamin penyelesaian proyek secara fisik dan finansial serta penutupan Final Investment Decision (FID) segera setelah proyek selesai sepenuhnya.

PIEP berharap IPASS dapat diimplementasikan secara berkelanjutan dan menyeluruh di seluruh perusahaan. Saat ini, PIEP sedang mengawasi 71 proyek utama dengan nilai lebih dari $1,5 miliar. Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan portofolio proyek, perusahaan telah memprioritaskan pengembangan sistem manajemen proyek yang terintegrasi, terukur, dan transparan.

Terkini