PHE Grup Raih Penghargaan Internasional untuk Komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Kamis, 16 Mei 2024 | 17:34:34 WIB

JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina, dan anak perusahaannya, meraih apresiasi di tingkat internasional dalam Global CSR & ESG Summit Awards ke-16 di Hanoi, Vietnam, pada Kamis (25/04). Penghargaan ini menegaskan konsistensi PHE dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), yang memberikan dampak positif di berbagai lokasi, khususnya di area kerja PHE.

Enam penghargaan yang diraih mencakup beragam kategori dan dilimpahkan kepada PHE Offshore North West Java (ONWJ), Pertamina Hulu Mahakam (PHM), PT Pertamina EP Sukowati Field Sukowati, dan PT Badak NGL. Penghargaan tersebut mencakup prestasi dalam bidang lingkungan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan pertanian organik.

Salah satu penghargaan yang diraih adalah Best Environmental Excellence (GOLD) untuk Program Jam Pasir di Karawang, yang mengintegrasikan kegiatan lingkungan dengan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat pesisir. PHE ONWJ berhasil menciptakan inovasi approstraps yang membantu menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan perekonomian lokal.

Selain itu, PHE meraih predikat Best in Indonesia (GOLD) untuk Overall community & environment program, menegaskan kualitas program CSR dan pengelolaan lingkungan yang dijalankan oleh PHE ONWJ.

Program literasi dan pendidikan seperti Program Sekolah Negeri Terapung juga mendapatkan apresiasi, menunjukkan komitmen PHE dalam meningkatkan akses pendidikan di daerah terpencil. Sedangkan Program Pertanian Organik Kelompok Antasena di Tuban, Jawa Timur, mencatat keberhasilan dalam mendukung pertanian organik dan berkelanjutan.

Anak perusahaan PHE, PT Badak NGL, juga berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam kategori Best Community Programme (PLATINUM) melalui Program MENARA MARINA, yang mendukung nelayan dan petani lokal di Bontang.

Corporate Secretary PHE, Arya Dwi Paramita, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan pengakuan terhadap komitmen perusahaan dalam implementasi aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola perusahaan, serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDG's).

Melalui penghargaan ini, PHE diberi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas program CSR dan ESG, dengan harapan dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan secara berkelanjutan.

PHE juga memastikan komitmen pada prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) serta Zero Tolerance on Bribery, dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandar ISO 37001:2016.

PHE terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas dengan standar profesional untuk mencapai visi menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial, dan memiliki Tata Kelola Perusahaan yang baik.

Halaman :

Terkini