PHE Grup Raih Penghargaan Internasional atas Komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Rabu, 15 Mei 2024 | 16:15:05 WIB

JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina, dan anak perusahaannya meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Global CSR & ESG Summit Awards ke-16 di Hanoi, Vietnam. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen PHE dalam menjalankan program berkelanjutan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Enam penghargaan diberikan kepada PHE Grup, termasuk PHE Offshore North West Java (ONWJ), Pertamina Hulu Mahakam (PHM), PT Pertamina EP Sukowati Field Sukowati, dan PT Badak NGL. Penghargaan ini mencakup berbagai kategori, seperti Best Environmental Excellence, Best Community Programme, dan Excellent in Provision of Literacy & Education.

Salah satu program unggulan PHE ONWJ, Program Jam Pasir (Jaga Alam Melalui Pemberdayaan Masyarakat Pesisir) di Karawang, meraih penghargaan GOLD untuk Best Environmental Excellence. Program ini berhasil mengintegrasikan kegiatan lingkungan dengan ekonomi di kawasan Pasir Putih, Karawang, yang berdampak pada pengembangan ekowisata dan pertumbuhan ekonomi lokal.

Penghargaan lainnya termasuk Program Mpok Tamara (Pemberdayaan Kelompok Rentan Pemulung Jakarta Utara) yang meraih penghargaan SILVER untuk Best Community Programme, dan Program Sekolah Negeri Terapung yang meraih penghargaan SILVER untuk Excellent in Provision of Literacy & Education.

Selain itu, Badak NGL meraih penghargaan PLATINUM untuk kategori Best Community Programme melalui Program MENARA MARINA (Menuju Nelayan Ramah Lingkungan Mandiri dan Sejahtera). Program ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil panen rumput laut dan kesejahteraan nelayan di Kampung Tihi-Tihi, Bontang.

Penghargaan ini menegaskan komitmen PHE dalam menjalankan kegiatan operasional dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan. PHE telah terdaftar sebagai anggota United Nations Global Compact (UNGC) dan berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal dari UNGC. Dengan prinsip Zero Tolerance on Bribery dan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), PHE terus mengembangkan pengelolaan operasi yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Terkini