Pertamina EP Lirik Field: Membuka Akses Pendidikan bagi Anak Suku Talang Mamak

Jumat, 10 Mei 2024 | 13:38:31 WIB

JAKARTA - Di daerah pedalaman Indragiri Hulu, Riau, keberadaan sekolah seringkali menjadi tantangan bagi anak-anak Suku Talang Mamak. Namun, melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), Pertamina EP (PEP) Lirik Field Regional Sumatera telah memberikan dukungan nyata dalam mewujudkan mimpi mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Sejak 2016, PEP Lirik Field telah aktif dalam memperbaiki infrastruktur sekolah, meningkatkan kualitas tenaga pengajar, dan memberikan beasiswa kepada murid. Di SDN 028 Talang Sungai Limau, Kecamatan Rakit Kulim, PEP Lirik Field telah membantu memperbaiki fasilitas sekolah, membangun ruang pustaka, serta menyediakan pasokan buku pembelajaran.

Selain infrastruktur sekolah, PEP Lirik Field juga memberikan perhatian pada kesehatan dan sanitasi. Mereka membangun fasilitas filtrasi air bersih dan MCK untuk meningkatkan kesehatan lingkungan sekolah. Selain itu, mereka juga mendorong kesadaran lingkungan dengan mendirikan sekolah adiwiyata.

Tidak berhenti di situ, PEP Lirik Field terus mengawasi perkembangan SDN 028 Talang Sungai Limau dan memberikan dorongan motivasi melalui program Pertamina Mengajar. Mereka juga memberikan bantuan berupa bangunan musholla dan panel surya untuk menyediakan sumber listrik yang ramah lingkungan bagi sekolah tersebut.

Field Manager PEP Lirik, Luqman Arif, menegaskan komitmen PEP Lirik Field dalam memberikan dukungan kepada anak-anak Suku Talang Mamak untuk meraih pendidikan. Melalui kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat adat setempat, PEP Lirik Field berupaya mewujudkan kemerdekaan akses belajar bagi anak-anak tersebut, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Dengan tema Hardiknas 2024 "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar", PEP Lirik Field terus menginspirasi anak-anak Suku Talang Mamak untuk menggapai cita-cita mereka. Dengan adanya dukungan dari PEP Lirik Field, diharapkan anak-anak tersebut kelak akan menjadi generasi yang sukses dan berkontribusi bagi sukunya serta bangsa.

Terkini