Pertamina EP Lirik Field: Mewujudkan Akses Pendidikan bagi Anak Suku Talang Mamak

Selasa, 14 Mei 2024 | 13:36:48 WIB

JAKARTA - PT Pertamina EP (PEP) Lirik Field Regional Sumatera, Subholding Upstream Pertamina, menyoroti perjuangan anak-anak Suku Talang Mamak dalam mendapatkan akses pendidikan yang layak. Melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), PEP Lirik Field telah aktif mendukung upaya tersebut selama delapan tahun terakhir.

Suku Talang Mamak, yang tergolong Proto Melayu, merupakan suku asli Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, yang tinggal di daerah terpencil jauh dari pusat perkotaan. Anak-anak suku ini harus menempuh jarak yang cukup jauh, hingga 2 KM, untuk mencapai sekolah dasar, yaitu SDN 028 Talang Sungai Limau.

PEP Lirik Field, yang beroperasi di wilayah tersebut, turut berperan dalam mendukung akses pendidikan yang layak bagi anak-anak Suku Talang Mamak. Sejak tahun 2016, program-program telah dijalankan mulai dari perbaikan infrastruktur sekolah, perbaikan kualitas tenaga pengajar, hingga pemberian beasiswa kepada murid.

Renovasi ruang guru, pembangunan ruang pustaka, dan pasokan buku pembelajaran merupakan bagian dari upaya awal pada tahun 2016. Pada tahun 2018, fokus program bergeser ke kesehatan dan sanitasi dengan pembangunan fasilitas filtrasi air bersih dan MCK.

Selain itu, PEP Lirik Field dan sekolah telah memulai inisiatif sekolah adiwiyata untuk meningkatkan kesadaran lingkungan. Di tahun 2019, bantuan berupa bangunan musholla diberikan, disusul dengan pemasangan solar cell pada tahun 2020 sebagai sumber listrik ramah lingkungan.

PEP Lirik Field juga secara aktif terlibat dalam memotivasi anak-anak Suku Talang Mamak melalui program Pertamina Mengajar dan terus memantau perkembangan SDN 028 Talang Sungai Limau.

Luqman Arif, Field Manager PEP Lirik, menekankan pentingnya dukungan dalam menjaga semangat belajar anak-anak Suku Talang Mamak. Dengan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat setempat, PEP Lirik Field bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan akses belajar bagi mereka, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs, terutama dalam pendidikan berkualitas, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, berkurangnya kesenjangan, dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

Melalui upaya ini, PEP Lirik Field berharap anak-anak Suku Talang Mamak dapat menjadi pelaku pembangunan di sukunya dan mencapai kesuksesan di berbagai bidang. PEP Lirik Field menegaskan komitmennya dalam mendukung akses pendidikan untuk semua, mempertegas tema Hardiknas 2024 "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar" hingga ke daerah-daerah terpencil.

Halaman :

Terkini