Kinerja Unggul dan Pertumbuhan Stabil: Laba Bersih ELNUSA Meningkat 59% YoY pada Kuartal I-2024

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:21:52 WIB

JAKARTA - PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA), salah satu anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, mengumumkan pencapaian luar biasa dengan membukukan pendapatan usaha yang stabil pada Kuartal I-2024, mencapai Rp 3,1 triliun. Laba bruto yang dihasilkan mencapai Rp 324 miliar, sementara laba bersih mencatat pertumbuhan mencolok sebesar 59% Year on Year (YoY), mencapai Rp 183 miliar, dengan margin laba bersih yang meningkat sebesar 61% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pendapatan usaha ELNUSA pada kuartal ini didominasi oleh segmen jasa distribusi & logistik energi sebesar 52%, diikuti oleh segmen jasa hulu energi sebesar 38%, dan jasa penunjang energi sebesar 10%. Peningkatan pendapatan khususnya pada jasa hulu energi mencapai 22% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan pencatatan peningkatan laba bersih yang signifikan sebesar 202%. Sementara itu, segmen jasa distribusi & logistik energi juga mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 32%.

Frida Lidwina, Corporate Secretary Elnusa, menjelaskan bahwa kinerja gemilang ELNUSA pada Kuartal I-2024 adalah hasil dari strategi manajemen yang berfokus pada pertumbuhan bisnis yang konsisten, terutama dalam segmen jasa hulu energi. "Pertumbuhan yang dicapai pada periode ini menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan dalam segmen jasa hulu energi," ungkap Frida.

Tak hanya dalam pendapatan usaha, ELNUSA juga mencatatkan pertumbuhan yang solid dalam Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation and Amortization (EBITDA) sebesar Rp 372 miliar, menunjukkan peningkatan sebesar 8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara jumlah kas dan setara kas perusahaan per 31 Maret 2024 mencapai Rp 2,476 triliun, mencatat pertumbuhan sebesar 20% dari periode yang sama pada tahun 2023.

Frida menekankan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan. Dia menyatakan optimisme bahwa melalui strategi inovasi, efisiensi operasional, dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan, ELNUSA dapat terus menjaga pertumbuhan bisnis yang stabil dan memberikan kontribusi nyata bagi industri energi nasional.

Terkini