Penghargaan untuk Konsistensi PHE dalam CSR Berkelanjutan

Kamis, 16 Mei 2024 | 13:24:00 WIB

JAKARTA - Pada Festival Pengendalian Lingkungan 2024, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) meraih pengakuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) atas komitmennya dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) bersama mitra "Local Hero" di berbagai daerah, terutama wilayah kerja PHE.

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, bersama Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran & Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK, Sigit Reliantoro, menyerahkan penghargaan ini pada Rabu (24/04) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Dalam ajang ini, Local Hero binaan PHE, seperti Dominggus Absalom Kalami dari PT Pertamina EP Papua Field, dan Habir dari PT Pertamina EP Tarakan Field, berhasil meraih penghargaan atas kontribusi mereka dalam program-program seperti "Kampung Adat Malasigi" dan pengelolaan sampah di Nunukan.

Selain itu, Local Hero binaan anak usaha PHE, seperti Choliq Hidayah dari PT Badak NGL, dan Ali Kurniawan dari PHE OSES, juga meraih penghargaan atas kontribusi mereka dalam program Salin Swara - Bank Sampah Telihan Recycle dan Mitigasi Perubahan Iklim dan Konservasi – Tiga Perisai.

Arya Dwi Paramita, Corporate Secretary PHE, menjelaskan bahwa melalui program ini, perusahaan secara eksplisit mendukung implementasi aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola Perusahaan, serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDG's).

PHE, sebagai perusahaan hulu migas, memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060. Dengan keterlibatan mitra binaannya yang menjadi Local Hero, PHE turut berperan dalam Pengembangan Sosial dan Lingkungan.

Local Hero yang berpartisipasi dalam ajang ini menyampaikan cerita inspiratif terkait pengembangan masyarakat dan inovasi yang mereka laksanakan di wilayahnya masing-masing kepada Dewan Juri. Lomba ini diinisiasi dengan tujuan merangkul masyarakat dan semua pemangku kepentingan dalam perjalanan keberlanjutan upaya mengendalikan pencemaran dan memulihkan kerusakan lingkungan.

Dominggus Absalom Kalami, salah satu Local Hero dari Papua, menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh dari PHE Papua Field hingga ia mendapatkan apresiasi tersebut. Program yang dibuatnya bertujuan untuk mengembangkan Ekowisata minat khusus agar masyarakat bisa sejahtera dan generasi mendatang masih bisa menikmati keindahan alam.

PHE akan terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Dengan komitmen pada Sepuluh Prinsip Universal dari United Nations Global Compact (UNGC) dan Zero Tolerance on Bribery, PHE bertekad menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial, dan memiliki Tata Kelola Perusahaan yang baik.

Terkini