Konsistensi Pertamina Hulu Energi dalam Mendukung Program Berkelanjutan di Berbagai Daerah Dihargai oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Sabtu, 11 Mei 2024 | 01:10:21 WIB

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) mengapresiasi upaya PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berkelanjutan melalui prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), bekerja sama dengan mitra "Local Hero" di berbagai daerah, khususnya di wilayah kerja PHE. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, didampingi oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran & Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK, Sigit Reliantoro, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Dalam ajang Lomba Cerita Naratif Inspiratif - Festival Pengendalian Lingkungan 2024, Local Hero yang dibina oleh PT Pertamina EP Papua Field, Dominggus Absalom Kalami, dinobatkan sebagai juara pertama atas peranannya dalam program "Kampung Adat Malasigi." Di sisi lain, dari Kalimantan, Local Hero binaan PT Pertamina EP Tarakan Field, Habir, meraih juara harapan tiga berkat kontribusinya dalam pengelolaan sampah di Nunukan.

Selain itu, Local Hero dari anak usaha PHE, PT Badak NGL, Choliq Hidayah, berhasil meraih juara pertama untuk Best Quote dalam program Salin Swara - Bank Sampah Telihan Recycle, sedangkan juara ketiga diraih oleh Local Hero binaan PHE OSES, Ali Kurniawan, melalui program Mitigasi Perubahan Iklim dan Konservasi – Tiga Perisai.

Arya Dwi Paramita, Corporate Secretary PHE, menjelaskan bahwa melalui program-program ini, perusahaan secara eksplisit mendukung implementasi aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola perusahaan, serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDG's). "Keterlibatan kami sebagai perusahaan hulu migas memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060," tambah Arya.

Program Lomba Cerita Naratif Inspiratif - Festival Pengendalian Lingkungan 2024 ini bertujuan untuk merangkul masyarakat dan semua pemangku kepentingan dalam perjalanan keberlanjutan upaya mengendalikan pencemaran dan memulihkan kerusakan lingkungan. Melalui kolaborasi antara Pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan akademisi, diharapkan dapat diciptakan kebijakan, teknologi, dan praktik yang berkelanjutan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Dominggus Absalom Kalami, Local Hero dari Papua, menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh dari pihak Pertamina EP Papua Field. "Ide untuk mengembangkan Ekowisata minat khusus ini bertujuan agar masyarakat kami sejahtera dan generasi mendatang masih bisa menikmati keindahan alam," tuturnya.

PHE berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Salah satu komitmennya adalah Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan. PHE terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmental Friendly, Socially Responsible dan Good Governance.

Terkini